KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
C. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsip
mengukuran
besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
|
Membaca hasil pengukuran suatu
alat ukur dan
menentukan
hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
|
Menentukan besar dan arah vektor serta
menjumlah/mengurangkan
besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
|
||
2.
|
Memahami gejala
alam dan
keteraturannya dalam
cakupan mekanika benda
titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls,
momentum dan masalah Fluida.
|
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak
melingkar
beraturan, atau gerak parabola
|
Menentukan berbagai besaran dalam hukum
Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi
(torsi, momentum sudut,
momen inersia, atau titik berat)
dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
|
||
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan
energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
|
||
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas
bahan atau menentukan
besaran-besaran terkait pada konsep
elastisitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan hukum
kekekalan energi mekanik.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan tumbukan, impuls atau hukum
kekekalan
momentum.
|
||
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan
dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami konsep
kalor dan prinsip
konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan
perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam
penerapannya mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,
perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan persamaan
umum gas ideal pada
berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
|
||
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan
proses termodinamika pada mesin kalor.
|
||
4.
|
Menganalisis konsep
dan prinsip
gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai
penyelesaian masalah dan produk
teknologi.
|
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada
gelombang.
|
Menjelaskan berbagai jenis gelombang
elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan pengamatan
pada mikroskop atau teropong.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa
interferensi dan
difraksi.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan
dengan peristiwa efek Doppler.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi
pada berbagai kondisi yang berbeda.
|
||
5.
|
Memahami konsep
dan prinsip
kelistrikan dan kemagnetan
dan penerapannya dalam berbagai
penyelesaian masalah.
|
Menentukan besaran-besaran
fisis yang
mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau
energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas
keping sejajar.
|
||
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu
rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
||
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat
berarus listrik.
|
||
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada
kawat berarus
listrik atau muatan listrik yang
bergerak dalam medan magnet homogen.
|
||
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
GGL
induksi atau prinsip kerja transformator.
|
||
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian
arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
|
||
6.
|
Memahami konsep
dan prinsip
kuantum, relativitas, fisika inti dan
radioaktivitas dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan berbagai teori atom.
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan
peristiwa efek
foto listrik/efek Compton.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan
teori relativitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan
zat radioaktif dalam
berbagai aspek kehidupan.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
C. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
26. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan struktur atom, sistim
periodik unsur dan ikatan kimia
untuk menentukan struktur molekul,
sifat- sifat unsur dan senyawa.
|
Menganalisis notasi unsur dan kaitannya dengan
struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia, rumus molekul,
bentuk molekul dan sifat senyawa
yang dapat dihasilkannya, serta
letak unsur dalam tabel periodik.
|
Menganalisis jenis ikatan kimia atau gaya antar
molekul dan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menerapkan hukum-hukum dasar
kimia
untuk memecahkan masalah
dalam perhitungan kimia.
|
Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan
dengan hukum
dasar kimia.
|
Menganalisis persamaan
reaksi kimia anorganik dan
organik sederhana.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan,
metode
pengukuran dan terapannya.
|
Mendeskripsikan daya hantar listrik.
|
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
|
||
Mendeskripsikan titrasi asam basa.
|
||
Menganalisis sifat larutan penyangga.
|
||
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
|
||
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif
larutan.
|
||
Mendeskripsikan sistem
dan sifat koloid serta
penerapannya.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan senyawa organik,
gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan
turunannya, dan makromolekul.
|
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk
identifikasi, reaksi
dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta
kegunaannya.
|
||
Mendeskripsikan makromolekul
termasuk
identifikasi dan kegunaannya.
|
||
5.
|
Mendeskripsikan perubahan energi,
cara pengukuran dan penerapannya.
|
Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada
termokimia.
|
Menentukan kalor reaksi.
|
||
6.
|
Mendeskripsikan kinetika reaksi,
kesetimbangan kimia, dan faktor-
faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
|
Menentukan laju
reaksi.
|
Mendeskripsikan
faktor-faktor yang dapat
memengaruhi kinetika reaksi dan kesetimbangan kimia.
|
||
Menentukan Kc/Kp.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan reaksi
oksidasi-
reduksi dan elektrokimia serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.
|
Mendeskripsikan diagram sel.
|
||
Mengaplikasikan hukum faraday.
|
||
Mendeskripsikan fenomena korosi.
|
||
8.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting,
terdapatnya di alam,
pembuatan dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di
alam termasuk unsur radioaktif.
|
Mendeskripsikan cara memperoleh
unsur dan kegunaannya.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
C. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
27. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat
biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
|
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur.
|
Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
|
||
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman
hayati tertentu.
|
||
Mengidentifikasi invertebrata
berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara
komponen ekosistem, perubahan materi
dan energi serta peran manusia
dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
serta mengaitkannya
dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/
proses yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel
tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai
fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi
sistem organ manusia
serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi
pada manusia.
|
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada
manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
pencernaan makanan pada
manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
pernapasan pada manusia/
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi pada manusia/
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem
indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem
reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan
melalui hasil percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
7.
|
Mendeskripsikan proses
metabolisme
pada rantai
karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses
metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada
tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi
anaerob).
|
||
8.
|
Memahami konsep
dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas
dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau
kromosom.
|
Menjabarkan proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan dengan hukum
Mendel.
|
||
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan
semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun
pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme
evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
peranan bioteknologi pada saling temas.
|
Menjelaskan peran bioteknologi.
|
Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/
modern.
|
||
Menjelaskan dampak
bioteknologi bagi masyarakat
dan lingkungan.
|
0 komentar:
Posting Komentar